Friday, July 14, 2006

Keranjingan Blog

Setelah mengenal blog, teman saya yang satu ini jadi narsis abis. Tiap hari promosi blog-nya melalui mesenger list teman saya yang lain lagi. Promosinya bisa apa saja. Mulai dari postingan baru sampai buku-bukunya. Tentu saja hal ini sah-sah saja. Sejatinya, blog juga bisa menjadi media pemasaran yang efektif.

Kenarsisan teman saya ini terutama dalam hal peringkat blog. Dia selalu membanggakan kenaikan peringkat blognya di blog indonesia serta jumlah kunjungan melalui hit counter.

Teman saya ini lupa, bahwa metode pemeringkatan blog tidak serta-merta seperti itu. Ada metode lain dalam sistem pemeringkatan blog. Misalnya saja melalui peringkat technorati . Tapi sayangnya, teman saya satu ini bahkan tidak paham apa technorati itu.

Metode pemeringkatan lainnya, seperti yang ditulis Priyadi adalah dengan database technorati, yakni melalui jumlah taut- taut dari blog lain,jumlah blog lain yang membuat taut dan peringkat blog tersebut dalam database Technorati.

Kalau misalnya dalam setiap membuat tulisan kita tidak pernah tahu apa itu taut dan tidak pernah membuat taut, mana mungkin kita bisa mengabsahkan diri untuk berbangga dengan peringkat blog yang kita buat.

Selain itu, hal lain yang juga mempengaruhi peringkat, seperti yang tulis Priyadi, adalah Google Pagerank, jumlah situs yang memberi taut, banyaknya pengunjung, jumlah pelanggan sindikasi, jumlah tulisan dan kualitas per tulisan.

Tulisan ini semoga memberi pencerahan buat teman saya, bahwa peringkat sebuah blog tidaklah sesederhana yang dia bayangkan.

Lebih dari itu, saya ucapkan selamat kepada teman saya yang sudah berhasil membuat blognya dikenal banyak orang, meskipun dia masih malas untuk memberi taut ke blog lain.

 
Blog Design By: BlogSpot Templates