Wednesday, July 12, 2006

Palembang

Untuk tujuan dinas, pekan lalu saya mengunjungi kota Palembang. Kota yang terkenal dengan pempek dan jembatan Ampera-nya ini baru saja memperingati hari jadinya yang ke-1323.

Palembang memang kota yang sudah sangat tua. Bahkan, mengalahkan beberapa kota bersejarah lainnya di dunia, semisal Baghdad atau Kyoto. Sementara untuk ukuran Indonesia, Palembang hanya kalah dari Kutai di Kalimantan Timur.

Semenjak menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional tahun 2004 lalu, banyak perubahan terjadi di kota yang dibelah oleh Sungai Musi ini. Perkembangannya sangat pesat. Bisa dikatakan, kota yang berpenduduk sekitar 1,5 juta jiwa ini sedang berbenah untuk menjadi kota metropolitan baru. Kota ini sedang berpacu untuk mensejajarkan diri dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Tengok saja apa yang terjadi di Palembang saat ini. Pembangun infrastruktur kota terjadi di mana-mana. Ruko-ruko menyesaki semua sisi kota. Mal-mal dan pusat perbelanjaan baru dibangun. Hotel-hotel megah siap menyambut kedatangan wisatawan.

Tentu saja, pembangunan Palembang yang pesat itu kita harapkan tidak meninggalkan sisi kesejarahan Palembang. Dan pastinya, Palembang harus belajar dari kota-kota lain di Indonesia untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Sebab, pembangunan tanpa pembelajaran biasanya hanya meninggalkan permasalahan baru. Semoga saja.

 
Blog Design By: BlogSpot Templates